MEMBUAT, MENGIRIM, DAN MEMBUKA EMAIL

Minggu, 19 April 2009

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004. Gmail sampai saat ini masih dalam tahap beta.

Fitur



Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 2000 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari 4 kali jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik.

Tampilan inbox ("Surat Masuk") Gmail dalam bahasa Indonesia.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 10 MB per email.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Yahoo.com

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

Yahoo! 360°

Yahoo! 360° merupakan suatu portal komunikasi yang sedang dalam tahap tes beta. Yahoo! 360° menggabungkan fitur situs web jaringan sosial, blog, dan pembagian foto.

Seorang pengguna dapat membuat situs web pribadinya, membagi fotonya dari Yahoo! Photos, merawat blog, berbagai ulasan lokal, informasi profil, dan melihat teman yang sedang online.

Layanan ini mulai diperkenalkan ke publik sejak 29 Maret 2005.

Yahoo! Groups


Yahoo! Groups adalah sebuah layanan gratis dari Yahoo! kepada masyarakat umum untuk mengadakan forum-forum diskusi berupa mailing list.
Sebagai sebuah mailing list, Yahoo! Groups tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi melalui email ke beberapa orang dengan cepat. Yahoo! Groups juga menawarkan beberapa fitur yang menarik yaitu sebagai tempat untuk berbagi foto, pesan dan data, melakukan poling dan mencatat kejadian di kalender Group

Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger
Pengembang Yahoo!
Versi rilis terbaru 9.0.0.1912 / September 2008
Sistem operasi Windows 98/Me, 2000, XP, dan Vista, Mac OS X, Mac OS 9, Mac OS 8, Unix
Jenis Program pengirim pesan instan
Lisensi Proprietary
Situs web messenger.yahoo.com


Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

Versi terakhir Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows adalah 9.0.0.1912.

Bagi kalian yang bosen dengan tampilan surat yang polos, ada baiknya kalian coba mengirimkan e-mail dengan menggunakan latar belakang atau background. Caranya gimana? Ya .. berikut ini caranya…

Pertama
Masuk [login] dulu ke alamat e-mail kamu

Kedua
Klik menu Format

Ketiga
Klik Apply Stationery

Keempat
Plih deh salah satu latar belakang yang kamu suka

Kelima

Silahkan coba…

MEMBALAS EMAIL

Sudah punya alamat e-mail? [kalau belum a href="http://www.gmail.com/" target="new">di sini untuk membuat / melakukan resgistrasi]. Untuk membalas e-mail yang masuk ke inbox mail kita, kita dapat langsung membalas atau menjawabnya tanpa harus mengklik tombol Compose atau membuat e-mail baru. Selain itu, kita juga tidak perlu mengetikan alamat e-mailnya [alamat e-mail yang akan dibalas suratnya] karena secara otomatis, kotak to telah mencatat alamat e-mail yang akan kita balas. Adapun langkah – langkah untuk membalas e-mail adalah sebagai berikut :

Pertama :
Buka [klik] e-mail yang akan kita balas

Kedua :
Klik tombol Reply

Ketiga :
Ketik isi surat [balasan] pada tempat yang telah disediakan di atas berita [ surat ] yang kita terima --- [ kita juga diperbolehkan menghapus terlebih dahulu isi surat yang kita terima sebelum mengetik surat balasan ]

Keempat :

Setelah selesai mengetik surat [kalau perlu mungkin ada attachment atau sisipan gambar], kemudian klik Send

MEMBUKA E-MAIL YANG BERISI FOTO

Mengirimkan dan menerima Foto melalui e-mail

Kalian mungkin lagi seneng – senengnya Tukeran Foto sama temen – temen kamu nih saat ini. Makanya Kg. Deris mo ajarin sama kalian pigimana caranya berkirim dan menerima Foto melalui E – Mail. Mau kan..? kalo mau ikutin langkah – langkah berikut.

Mengirimkan Foto
Sebelum mengirimkan foto melalui e-mail, tentunya kalian harus punya dulu alamat e-mailnya. [kalo belum klik DI SINI
untuk melakukan registrasi e-mail]. Kalo udah punya, yuk.. ikuti langkah – langkah berikut :

Pertama
Masuklah ke alamat e-mail kamu, misalnya di Yahoo atau dig mail

Kedua
Ketikan isi surat seperti biasa [jangan lupa masukan alamat e-mail penerima/tujuan], atau jika kita mereply-nya kita tidak perlu memasukan alamat e-mail penerima lagi.

Ketiga
Klik tombol Add/Dellete Attachments, maka berikutnya akan muncul jendela Attachment.

Keempat
Klik Browse, maka berikutnya akan muncul dialog box Choose File. Tentukan letak file tersebut. Misalkan dari disket atau dari computer, atau mungkin dari Flash Disk atau dari Compact Disk [CD]

Kelima
Klik file atau Foto yang akan kita kirimkan, lalu klik Open [maka file tersebut sudah dicatat pada keterangan attachment]

Keenam
Klik Done

Ketujuh
Klik Send, maka e-mail yang berisi file foto itu akan dikirimkan

Pertama
Login ke alamat e-mail kamu [buka alamat e-mail kamu]

Kedua
Klik e-mail yang kamu anggap ada gambar / foto – nya, atau langsung aza klik Attachment yang ada di kolom Size

Ketiga

Maka gambar / foto yang dikirim temen kamu akan terbuka

- - - Mudah Bukan ? - - -











0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Mengenai Saya

Foto saya
Bantarujeg, Majalengka, Indonesia
SieKur SMPN 2 Bantarujeg